Malam Tirakatan Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ke- 269 DIY Di Kalurahan Caturtunggal

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
oktaviana 13 Maret 2024

Malam Tirakatan Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ke- 269 DIY Di Kalurahan Caturtunggal

Caturtunggal- Kalurahan Caturtunggal turut merayakan Hari Jadi ke-269 Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggelar malam tirakatan di Pendopo Puspadenta Kantor Kalurahan Caturtunggal, Selasa (12/03). Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Caturtunggal beserta jajaran pamong kalurahan, Dukuh se-Caturtunggal, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), dan perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK) juga tampak menghadiri acara yang diikuti oleh 340 kalurahan se-DIY.

Mengenakan pakaian Jawa Gagrak Ngayogyakarta, para peserta malam tirakatan membuka acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta penyampaian sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Baha’uddin,S.S.,M.Hum. Ucapan selamat untuk Hari Jadi DIY juga disampaikan oleh tiga kalurahan yang merupakan perwakilan.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur DIY yang mewakili Gubernur, mengajak semua peserta untuk mengaktualisasi makna Hari Jadi ke-269 DIY dalam bingkai keyogyaan. Tema Maju Sejahtera Berkelanjutan Dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan menjadi fokus, dengan semangat mencapai kemajuan melalui inovasi dan keadilan sebagai inti transformasi masyarakat.

Gubernur menegaskan pentingnya mewujudkan eksosistem yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dilanjutkan dengan pemotonan tumpeng secara serentak, tumpeng yang merupakan simbol keberagaman dan keselarasan masyarakat DIY dalam menghadapi tantangan ke depan.

“Selamat merayakan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta ke-269! Mari bersama-sama bergandeng tangan membangun masa depan yang lebih gemilang, mempertahankan kearifan lokal, dan memperkuat kebersamaan di Kalurahan Caturtunggal”, ungkap Aminudin Aziz, selaku Plt Lurah Caturtunggal.