Pemerintah Kalurahan Caturtunggal Salurkan BLT-DD Bulan April Tahun 2022

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 21 April 2022

Pemerintah Kalurahan Caturtunggal Salurkan BLT-DD Bulan April Tahun 2022

Caturtunggal.id- Bertempat di Pendopo Puspadenta Kantor Kalurahan Caturtunggal, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bulan April 2022 untuk wilayah Kalurahan Caturtunggal telah disalurkan pada Kamis (21/04/2022).

Kegiatan penyaluran BLT-DD Bulan September tersebut dihadiri oleh Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, beserta pamong, Perwakilan dari Kapanewon Depok, TKSK Depok, TPSD Caturtunggal, Bhabinkamtibmas, dan Unsur Badan Permusyaratan Kalurahan serta KPM penerima BLT-DD. 

Bantuan langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022, merupakan instruksi dari Presiden yang tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 104 Tahun 2021 dan dirumuskan lagi dalam peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 190/PMK.07/2021 dan Peraturan Bupati Sleman Nomor 1.2 Tahun 2022 tentang Pengelolan Dana Desa, yang mana didalamnya mengatur bahwa penyaluran Bantuan langsung tunai dana desa minimal adalah 40% dari dana desa yang diterima di setiap kalurahan/desa pada tahun anggaran 2022.

Sesuai dengan hasil Musyawarah kalurahan khusus terkait penyaluran BLT DD 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2022, Pemerintah Kalurahan Caturtunggal akan menyalurkan BLT DD dari bulan pertama hingga bulan kedua belas kepada 187 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mana setiap penerimaannya akan diberikan sebesar Rp. 300.000,-. (tiga ratus ribu rupiah),

Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bergerak serentak sehingga BLT-DD Bulan April 2022 ini dapat disalurkan dengan lancar. Ia berharap dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat meringankan beban masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif.

Kamituwo Caturtunggal, Kirwanto, menyampaikan bahwa terdapat 187 KPM yang terundang, dengan rincian yang mengambil sejumlah 185 KPM dan 2 KPM belum mengambil. Nominal bantuan bantuan masing-masing sejumlah Rp. 300.000,-.

 

Agus Santoso berharap bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pemerintah Kalurahan Caturtunggal dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tingkat Kalurahan telah berupaya semaksimal mungkin untuk seluruh warganya.

Lebih lanjut, Agus Santoso, pada kesempatan tersebut juga menyampaikan himbauan kepada seluruh warga Kalurahan Caturtunggal untuk disiplin melaksanakan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).